Stardew Valley, Game
pertanian yang dulu digadang-gadang sebagai reinkarnasi Harvest Moon Back to
Nature justru menjadi entitas game pertanian yang jauh lebih baik karena memberikan kebebasan bagi kita untuk bermain
sesuai gaya yang kita inginkan.
Kamu
ingin petani yang fokus pada menanam tanaman musiman? Boleh. Kamu ingin fokus
pada perternakan? Bisa. Kamu ingin jadi produsen barang jadi? Silahkan. Atau
dengan serakah, dan gila kerja kamu menjadi ketiganya? Sangat bisa.
Jangan
pula kita membatasi pada Pertanian dan perternakan. Kita bisa mendapatkan uang
dengan berbagai macam cara mulai dari memancing, membuat tambak, memungut hasil
alam, atau menambang.
Kita pun
bebas mendesign tata letak perternakan kita dengan menambahkan dekorasi atau bangunan baru
selama itu masih berada di tanah kita.
Bosan
berkerja? Tentu saja kita bisa ke Kota Stardew Valley untuk bersosialisasi
dengan penduduk yang memiliki bermacam-macam latar belakang. Mulai dari sekedar
mengobrol, memberi hadiah, melakukan transaksi jual beli, membantu warga dalam
mengatasi masalah mereka, hingga tentu saja mencari pasangan hidup
MC adalah cerminan player
Kebebasan
yang diberikan oleh Stardew Valley kepada player dalam mengatur bagaimana MC akan menjalani hidup, secara tidak sadar
membuat MC itu adalah cerminan player sendiri. Dengan kata lain… kita sedang
mengendalikan kita sendiri yang hidup di Stardew Valley.
Setidaknya
itu lah yang saya rasakan yang memainkan Stardew Valley sebagai game simulasi
yang perlu dinikmati tiap waktunya. Bukan sekedar untuk bahan konten.
MC yang
saya buat memiliki sifat-sifat yang mirip saya, misal dia terlalu fokus pada
apa yang menantang di depannya, dalam hal ini mengurus pertanian dan
mengabaikan hal lain seperti
bersosialisasi kecuali berhubungan dengan pertanian, misal transaksi jual beli
hewan, atau bibit tanaman.
Contoh
lainnya, MC ini seperti saya seorang Master of None karena dalam mengolah
pertanian dia tidak fokus pada satu bidang, misal perternakan. Ladang pertanian
MC saya memiliki ladang pertanian, Perternakan, kebun buah, hingga tambak ikan.
Ini membuat hasil pertanian yang saya peroleh tidak optimal di bidang tertentu
Tentu
saja itu membuat MC yang saya buat jadi seperti karakter “overthinking” yang sering bingung sendiri karena saking banyaknya
kerjaan yang harus dikerjakan. Untung saja saya pakai beberapa Mods yang
mempermudah saya dalam mengelola pertanian. Kalau tidak, MC saya hanya akan
seharian di ladang berkerja.
Tanpa
saya sadari, MC yang saya buat ini akhirnya memiliki pola hidup tertentu dalam
bermain di Stardew Valley yaitu Pagi hari fokus di Pertanian, siang hari antara
ke tambang, atau ke gunung, atau ke kota untuk sekedar bersosialisasi. Di malam
hari, MC saya terkadang ke kafe, atau
memancing.
Cara meningkatkan Hubungan Sosial
Dalam
Stardew Valley, hubungan sosial dapat dilihat di menu Sosial dimana terdapat
daftar penduduk Stardew Valley dan disampingnya ada kolom untuk hati merah.
Semakin banyak hati merah, maka hubungan kita dengan karakter penduduk Stardew
Valley tersebut semakin akrab.
Di
antara penduduk Stardew Valley tentu saja ada para single yang bisa kita
maksimalkan kolom hati merahnya sehingga nantinya bisa kita ajak menjalin
hubungan romantis hingga nantinya berumah tangga.
Lalu
bagaimana cara kita mengisi kolom hati merah sosial ini terutama jika kita
sudah memiliki incaran?
Cara
pertama adalah seringlah mengobrol saat bertemu mereka. Sekedar say “hi” dan
mendengarkan obrolan mereka sejenak tidak akan merugikan kita.
Cara
kedua, memberi penduduk hadiah. Setiap
penduduk Stardew Valley memiliki hadiah kesukaan yang berbeda-beda. Jika itu
hadiah favoritnya, akan cepat meningkatkan hati merah. Sebaliknya jika itu
hadiah yang dia benci, kita akan kehilangan hati merah penduduk itu.
Cara
ketiga, menjalankan request yang diminta penduduk Stardew Valley yang ditempel
depan di toko bibit atau di depan rumah pak Wali kota. Jika kita berhasil
menyelesaikan quest dan memberikan barang yang diminta, hubungan kita dengan
pemberi quest akan semakin akrab.
Cara
keempat, adalah menjalankan event seorang penduduk Stardew Valley dengan
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh si penduduk dimana jawaban yang terbaik
akan meningkatkan nilai keakraban
Event ini yang akan terjadi
dengan saat hati merah mencapai tahap tertentu dan yang paling penting… kita
berada di waktu, dan tempat yang tepat.
How I met my wife
Tentu
saja Event ini akan sangat berperan penting dalam karakter MC kita menjalankan hubungan
Romansa, karena memberikan nilai keakraban yang signifikan jika kita berhasil
memberi jawaban terbaik untuk pertanyaan Penduduk Stardew Valley.
Akan
tetapi, seperti yang sudah saya tulis di atas, untuk dapat memicu Event ini, MC
kita kudu berada di waktu dan tempat
yang tepat. Dengan kata lain, Event ini seperti takdir dalam dunia Stardew
Valley yang seolah-olah terjadi secara acak, padahal sudah diprogram.
Seperti
layaknya takdir, kisah romansa MC kita akan terasa lebih menarik dengan sistem
ini karena menciptakan hasil yang dinamis. Kita mungkin mencintai suatu
karakter sejak awal, tetapi menikah dengannya? Tunggu dulu
Karakter
MC saya, misalnya. Sejak awal bermain Stardew Valley, event karakter wanita
single yang pertama kali terpicu adalah milik Emily, si perancang busana dan
pelayan kafe. Ini membuat Emily memiliki nilai keakraban yang lebih awal sejak
awal dibandingkan dengan karakter NPC
wanita single lainnya.
Dan
tebak dengan siapa saya akhirnya menikah? ABIGAIL si anak toko bibit tanaman.
Kok bisa?
Jawaban singkat
karena Event Abigail “secara kebetulan” sinkron dengan pola hidup yang MC saya jalani
di Stardew Valley.
Seperti
yang saya katakan bahwa di siang hari saya keluar dari pertanian untuk
menambang, bersosialisasi di kota atau
memancing di sungai atau laut hingga malam tiba, dan yang saya heran, ketiga
kegiatan itu memicu Event penting Abigail.
Misal
seperti layaknya petani, kita tentu perlu rutin membeli bibit di toko bibit
milik ayah Abigail, dan menjadi salah satu pelanggan setia. Suatu ketika,
kebiasaan ini memicu event penting Abigail.
Contoh
lain, saya pergi memancing di laut hingga tengah malam, dan saat hendak pulang
pasti lewat desa, dan itu memicu salah satu event penting Abigail.
Lalu
bagaimana dengan Event Emily? Sayangnya setelah event pertama yang terpicu saat
memulai Stardew, tidak ada event lain yang terpicu. Penyebabnya karena event
Emily kemungkinan terjadi di rumah Emily dan Café. Masalahnya saya jarang kedua
tempat itu terutama di PAGI dan SIANG HARI, itu membuat hubungan romansa dengan Emily
stuck.
Singkat
cerita karena Abigail yang paling siap untuk diajak berumah tangga, akhirnya
saya mengambil dia sebagai istri.
Game Design Advise
Sebenarnya
sistem Event juga banyak diterapkan di game lain seperti sang predessor Harvest
Moon Back to Nature. Hanya saja Stardew Valley karena memiliki skala tempat
yang lebih luas dan waktu yang lebih lama sehingga memicu event membutuhkan
faktor “kebetulan” yang besar.
Selain
itu, setiap karakter dalam Stardew Valley memiliki jadwalnya sendiri-sendiri
setiap hari termasuk saat hari hujan, hari cerah, saat malam, saat pagi, saat
siang dan seterusnya semakin memperbesar faktor “kebetulan” ini
Menurut
saya, justru dengan faktor “kebetulan” yang dalam memicu event ini membuat game
simulasi pertanian seperti Stardew Valley lebih berkesan, lebih dinamis, dan
lebih hidup. Kita tidak tahu kejutan apa yang terjadi tiap hari seolah-olah
semua kita serahkan kepada takdir.
Ini
menyebabkan saat kita berhasil memicu sebuah Event, akan terasa seperti
mendapat hadiah kejutan besar dan terasa menjadi sebuah prestasi untuk
selangkah menjadi bagian dari warga Stardew Valley.
Karena
itu, jika kalian, sebagai game designer ingin memberikan game simulasi yang
terasa hidup, kalian sebaiknya memperkuat sistem event dan merancangnya
sedemikian rupa sehingga ia terpicu secara alami.
Memang
banyak yang perlu dilakukan mulai dari perancangan lore tiap karakter, mengatur
scheduling para karakter, menentukan syarat terpicunya event; dan jika
memungkinkan, memprediksi kira-kira bagaimana calon player akan menjalani pola
kehidupan di game simulasi yang kalian rancang.
Di luar
unsur fantasinya, patut diakui bahwa Stardew Valley berhasil menjadi game
pertanian yang sukses karena berhasil membuat sistem event yang berjalan
seolah-olah menjadi takdir di dalam game tersebut
0 komentar:
Posting Komentar
Please do not spam and respect each other
Tolong jangan spam, dan saling menghormati