• image01

    Game

    Review

  • image02

    Game

    Making

  • image03

    Personal

    Opinion

  • image04

    Retro

    Gaming

  • image05

    Movie

    Talk

  • image06

    Wayang

    Stories

  • image07

    Pop

    Culture

13 Desember 2017

Game-game dengan grafis "Ketinggalan jaman" terbaik

Pada Era Milenial ini, kemajuan grafik sebuah game menjadi salah satu pertimbangan para gamer untuk memainkan sebuah game. Hal ini dapat dimaklumi karena sisi visual paling mudah untuk dinilai oleh para Gamer saat menonton video promosi game yang akan dirilis. Semakin bagus dan modern kekuatan sisi grafis, sebuah game akan semakin ditunggu dan diperbincangkan di dunia maya

Akan tetapi, ada beberapa developer game yang menggunakan grafik yang “ketinggalan jaman” dalam produk game mereka. Entah untuk daya tarik, atau sekedar nostalgia buat gamer2 tua. Yang mengejutkan, produk game tersebut diterima secara positif oleh gamer, bahkan beberapa mendapat rating yang sangat tinggi.

Berikut ini saya akan memaparkan beberapa Game terbaik dengan grafis “ketinggalan jaman” di Platform PC yang pernah saya mainkan:

  1. I am Setsuna adalah sebuah game RPG yang dipublish pada tahun 2015 oleh Square Enix yang bercerita tentang perjalanan Setsuna dan tim untuk mencegah kiamat.
    Sebenarnya grafis I Am Setsuna tidak terlalu ketinggalan jaman dibanding list-list berikutnya dan bisa dibilang setara dengan teknologi era Playsation 1 akhir akan tetapi saya memasukkan nya kedalam list karena di publish oleh Square Enix yang terkenal sebagai publisher RPG dengan grafis yang “dahsyat” seperti serial Final Fantasy.
    Keunggulan I am Setsuna terletak pada penceritaan yang baik, sistem pertarungan yang mirip dengan game SNES Chrono Trigger dimana sistem Turned Base tanpa harus memasuki layar khusus pertarungan, dan sensasi RPG Classic seperti Save point kejauhan yang merupakan nilai nostalgia bagi gamer yang rindu sensasi game RPG jaman dahulu. 





  2. To The Moon adalah sebuah game RPG dimana karakter utama diajak untuk menelusuri masa lalu seorang Client yang sedang sedang sakratul maut untuk membawanya ke bulan.
    Grafis To The Moon adalah 2D seperti game RPG jaman SNES. Ini dapat dimaklumi karena game ini dikembangkan menggunakan RPG maker XP.
    Meski pun, secara grafis tidak menarik, tetapi penceritaan To The Moon benar-benar superb, apalagi diiringi dengan music yang membuat kita tidak beranjak untuk menyelami kenangan sang client. Saya memainkan Game ini hingga selesai hanya selama 5.5 jam tetapi sudah menjadi salah satu game RPG dengan cerita terbaik yang pernah saya mainkan





  3. Stardew Valley adalah gabungan Game RPG dan Simulasi pertanian dimana anda menjadi tokoh utama yang bosan dengan kehidupan kota dan memutuskan untuk mengelola pertanian yang diwariskan oleh kakek anda.
    Developer Game ini terinspirasi oleh Harvest Moon Back to Nature yang populer di tahun 2000-an. Meski pun grafis yang diberikan mirip Harvest Moon NES, tetapi dengan Fitur yang jauh lebih lengkap dan dengan kebebasan mutlak untuk mengelola pertanian, serta hubungan sosial anda dengan NPC dijamin akan menyita waktu anda untuk memainkannya






  4. Game Dev Tycoon adalah game Simulation Management dimana anda harus mengelola sebuah perusahaan Developer Game. Anda akan membangun perusahaan anda dari nol dan menempati sebuah garasi.
    Misi anda adalah mengelola perusahaan anda menjadi Perusahaan Game Developer ternama selama 35 tahun dengan merekrut staff, mengadakan pelatihan, menganalisis pasar, mengupgrade Engine dan utamanya adalah mengembangkan game yang bermutu dan disukai masyarakat.
    Meski pun Grafisnya 2D tetapi game ini sangat adiktif apalagi bagi anda yang ingin menjadi game developer, Game ini bisa menjadi tuntunan anda untuk mengembangkan sebuah perusahaan terutama soal kebutuhan Customer, dan analisis pasar




  5. Game ini adalah Game simulation Management sebuah Penjara. Anda akan berperan menjadi CEO sebuah penjara dimana anda harus membangun penjara dengan kelengkapannya seperti keamanan, pengelolaan staff, kebutuhan napi, keuangan, bahkan hingga pendidikan bagi para napi.
    Mode Campaign game ini pun cukup menarik dan dibuat seperti sebuah scenario cerita dimana satu peristiwa saling terkait satu sama lain sehingga anda tidak akan bosan memainkan mode yang sekaligus menjadi tutorial game ini 





  6. Game ini adalah simulasi petugas cap paspor. Tugas anda adalah memastikan bahwa orang-orang yang ingin masuk ke negara anda memiliki kelengkapan data yang sesuai, dan anda yang memutuskan mereka bisa masuk ke negara anda atau tidak dengan men cap paspor mereka.
    Terdengar sederhana seperti grafisnya yang pixelized tetapi tidak sesederhana itu. Selain anda harus cepat mengatasi antrian pendatang, anda harus teliti sedetil-detilnya mulai dari nama, asal negara, bahkan tinggi badan. Jika tidak maka anda bisa saja dipecat atau mendapat bayaran kurang padahal anda memiliki tanggung jawab sebagai kepala keluarga




  7. game ini adalah game petualangan yang terinspirasi dari dongeng bangsa Inuit (Eskimo). Anda akan mengendalikan seorang anak perempuan dan seekor rubah mengatasi semua rintangan demi menolong keluarga anda dari bencana kelaparan.
    Grafis game ini sebenarnya sudah cukup baik seperti teknologi PS2. Saya menyukai game ini karena selain petualangannya yang asik, juga memberi pengetahuan tentang budaya Inuit dengan dokumenter singkat





  8. Sebenarnya masih banyak game lain yang memiliki grafis “ketinggalan jaman” tetapi menarik seperti Undertale, dan Shovel Knight. Tetapi saya tidakmenyertakannya karena saya belum memainkannya..

    Saya berharap dengan artikel ini, para calon Developer game tidak perlu minder jika game yang anda memiliki grafis yang “ketinggalan jaman”. Anda hanya perlu menguatkan aspek lain yang membuat game anda memorable.

0 komentar:

Posting Komentar

Please do not spam and respect each other
Tolong jangan spam, dan saling menghormati

Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang pekerja swasta di Bidang Teknologi Informasi terutama Game Industry. Saya menggunakan Blog sebagai penyaluran minat saya. Sekedar informasi, Foto Profil itu foto saat SMA medio 2005 an

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.