Saaya mau berbagi cerita soal pengalaman saya mengembangkan game RPG kedua yang saya beri judul Save The Princess From The Dragon atau dengan code produksi (STPFTD)
Pengalaman sebelumnya mengembangkan game
Sebelum bercerita, mungkin sebaiknya saya berbagi sedikit pengalaman mengembangkan game. Untuk mudahnya silahkan akses cerita ini di blog saya yang lama, dilanjutkan pengembangan Freedom Knight, Madame Liberty, dan Riot Run. Oh ya sekadar pemberitahuan saya juga bekerja di sebuah perusahaan swasta di bidang pengembangan game sebagai Game tester sejak 2010. Pekerjaan yang sedikit banyak mempengaruhi gaya saya dalam mengembangkan game-game tersebut.
Selain game-game ringan di atas, saya juga membuat konsep game RPG... kalau tidak salah sudah 5 konsep game RPG saya rancang yang, sayangnya gagal.
Good Friend is Good Advisor
Cerita awal pengembangan STPFTD berawal dari bacotan teman saya pada pertengahan 2015. Saat itu kita sedang diskusi soal rencana rilisnya RPG maker MV di steam, lalu saya asal ngomong kalau saya akan purchasing jika ada diskon. Teman saya langsung aja nyinyir," Halah, kamu selalu beli RPG maker tapi belum pernah rilis game satu pun". Saya hanya bisa ketawa tragis karena saya akui saat itu saya kebanyakan buat konsep RPG tetapi saat mengembangkan jadi setengah hati, Padahal saya sudah membeli RPG maker VX ace, dan RPG maker XP di steam. Well, untungnya sebagai teman yang baik, dia juga memberi saran, " Sudah jangan kebanyakan bikin konsep yang ribet tapi ga kegarap. Mending fokus buat satu, dan yang sederhana dulu!" That's it. Saya seperti kena headshot di Counter Strike. Saya mengevaluasi konsep RPG saya dan ternyata memang benar, Konsep yang sudah saya kembangkan terlalu ribet, dan butuh banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat konsep RPG baru yang lebih sederhana, tapi yang penting bisa kelar.
Keep it simple but open for Improvement
Saat membuat konsep RPG, saya selalu memulai dengan story drafting. Saat mendengar cerita RPG sederhana, maka yang saat itu saya pikirkan adalah konsep game klasik. Yaitu seorang pahlawan yang menyelamatkan seorang putri yang diculik oleh musuh besar. Konsep ini lah yang sering sekali dipakai di game-game bahkan yang sudah melegenda macam Super Mario Bros, dan Legend of Zelda.
Dengan basic cerita seperti itu, saya mulai membuat Story drafting, dan mulai menulis skenario di word. Di satu titik, saya berpikir, kalau saya perlu mengembangkan cerita ini. Ada alasan kenapa saya mengembangkan cerita, yaitu masalah sosio-politik di negara tercinta ini, dan yang kedua adalah faktor umur yang membuat saya perlu "mendewasakan" cerita game ini. Hal ini membuat saya membuat 2 jenis skenario yaitu versi Light yang lebih happy dan versi Dark yang lebih kelam.
Versi dark yang akhirnya saya kembangkan dengan resiko membuat rating game ini menjadi Remaja+
RPG maker, The engine that easy to use?
Well, Entah kenapa banyak teman-teman Game Developer yang membenci Game Engine ini. Ada yang bilang karena terlalu gampang untuk digunakan, tetapi mahal, dan cukup berat.
Menurut saya pribadi, RPG maker memang relatif mudah untuk digunakan bahkan sangat memanjakan penggunanya dengan memberi asset grafik, music, Character Generator, dan yang terpenting kebebasan untuk memakai script mandiri atau tidak .
Jika RPG maker ibaratkan sebagai dapur, maka dia sudah menyediakan bumbu, alat masak, kompor, , bahan makanan dll. Tentu saja kita sebagai koki diberi kebebasan untuk menambah atau tidak bahan tambahan. Tetapi apakah itu jaminan masakan yang akan dibuat bakal lezat???
Tentu tidak. Membuat game yang menarik, dan bagus tidak tergantung sekomplek atau sesederhana apa Engine yang saya pakai tetapi dari bagaimana saya bisa mengolah bahan-bahan tersebut menjadi "masakan" yang disukai banyak orang.
RPG maker sangat saya rekomendasikan sebagai Engine untuk pelatihan, atau untuk orang yang ingin belajar membuat game dan sebagai pengenalan konsep membuat game yang sederhana.
Be Independent and Lone Ranger
Serba sendiri dan mandiri, itu kata yang tepat untuk mewakili apa yang saya lakukan saat membuat game ini. Hampir semua saya lakukan sendiri mulai dari Concept, Story Writing, Character Graphic Design, Mapping Design, Music , Balancing, Scripting, dan Eventing
Concept adalah adalah konsep dasar game seperti Tema yang saya ambil, Keadaan sosio-politik dunia RPG yang saya rancang, Aliran cerita, penentuan karakter, dan konflik. Pada bagian ini saya memakai konsep project RPG yang belum terselesaikan sebelumnya. Jadi rencananya saya akan merancang game dimana tiap game memiliki konsep dunia yang sama dan memiliki kaitan satu sama lain seperti Franchise Trail milik Falcom.
Story Writing adalah bagian saat saya menulis cerita game ini dengan menggunakan applikasi Word. Bagian ini saya selesaikan lebih dahulu karena akan sangat berpengaruh terhadap bagian-bagian setelahnya. Setiap perubahan pada bagian ini sedikit banyak akan merubah bagian lain seperti Map, music, graphic dll
Character graphic Design, Mapping Design, Music design saya menggunakan apa yang sudah di sediakan RPG maker.
Character graphic Design saya banyak menggunakan Character Generator RPG maker MV, dan saya juga memakai asset dari web RPGmakerweb.com
Mapping Design dan Music Design memakai tileset dan music yang disediakan oleh Engine. Nah bagian ini lah yang memerlukan penyelesaian dari sisi cerita lebih dahulu.
Bagian Balancing adalah saat dimana saya menentukan musuh apa saja yang muncul serta seberapa kuat mereka. Saya juga harus menentukan Item, Armor, dan senjata serta efeknya bagi permainan. Bagian ini cukup sulit karena saya harus memperkirakan apakah nantinya permainan tetap seimbang hingga akhir atau tidak. Untungnya ada orang yang berbaik hati menshare engine untuk menghitung stats karakter musuh, yaitu di situs http://yanfly.moe/
Scripting adalah bagian dimana saya memasukan Script yang berisi code kedalam File game. Saya jujur tidak menulis script itu sendiri. Saya menngunduh dari http://yanfly.moe/ yang mau repot-repot membuat script yang keren-keren dan membaginya secara gratis. Bagian ini memerlukan setidaknya pengetahuan dasar Programming, atau setidaknya bisa mengerti dengan Note yang diberikan oleh sang perancang.
Untuk bagian Scripting sebenarnya bisa saja dilewati jika tidak yakin dengan kemampuan Programming anda karena RPG maker MV juga menyediakan Script-Script standart
Bagian Eventing adalah bagian utama dimana semua bahan yang sudah saya susun mulai saya olah dengan menggunakan Engine. Mulai dari implementasi Cerita, laku gerak karakter, akses jalan, peletakan lokasi musuh, Membuat cutscene, peletakan peti harta, dan lain-lain
Semua tahapan itu berhasil saya lakukan selama 1 tahun dan 4 bulan. Setidaknya ini menyadarkan saya supaya lain kali mending join sama orang lain yang 1 visi
What I need next?
Meski pun saya sudah menyelesaikan game ini tetapi masih ada bagian yang belum saya lakukan, yaitu 3RD PARTY TESTING, BUG FIXING, dan ENGLISH TRANSLATION
3RD PARTY TESTING adalah bagian dimana ada sukarelawan yang bersedia menyediakan waktunya mengetest game saya. Saya hanya meminta waktu untuk mengecek kata-kata, game Balancing, Music implementation, Graphic issues dan segala saran soal game saya dan memasukannya sebagai bug. About Payment? Yes, We can discuss about it.
Saya jamin tidak ada Crash issues karena kesalahan rancangan. Biasanya Error terjadi karena Build tersebut perlu settingan khusus. karena saya sudah mengetes sebagian, dan perlu respon dari pihak ketiga
BUG FIXING adalah bagian dimana saya akan memperbaiki bugs yang masuk dari 3RD Party. Waktu yang saya perlukan tergantung seberapa hancur game saya ini.
ENGLISH TRANSLATION karena saya masih menggunakan bahasa Indonesia dalam game ini dan tbeberapa teman saya menyarankan untuk membuat versi bahasa Inggris. Waktu yang saya perlukan untuk ini juga cukup lama.
Untuk sementara ini dulu yang saya bagi.
Pengalaman sebelumnya mengembangkan game
Sebelum bercerita, mungkin sebaiknya saya berbagi sedikit pengalaman mengembangkan game. Untuk mudahnya silahkan akses cerita ini di blog saya yang lama, dilanjutkan pengembangan Freedom Knight, Madame Liberty, dan Riot Run. Oh ya sekadar pemberitahuan saya juga bekerja di sebuah perusahaan swasta di bidang pengembangan game sebagai Game tester sejak 2010. Pekerjaan yang sedikit banyak mempengaruhi gaya saya dalam mengembangkan game-game tersebut.
Selain game-game ringan di atas, saya juga membuat konsep game RPG... kalau tidak salah sudah 5 konsep game RPG saya rancang yang, sayangnya gagal.
Salah satu Project RPG yang belum diteruskan |
Good Friend is Good Advisor
Cerita awal pengembangan STPFTD berawal dari bacotan teman saya pada pertengahan 2015. Saat itu kita sedang diskusi soal rencana rilisnya RPG maker MV di steam, lalu saya asal ngomong kalau saya akan purchasing jika ada diskon. Teman saya langsung aja nyinyir," Halah, kamu selalu beli RPG maker tapi belum pernah rilis game satu pun". Saya hanya bisa ketawa tragis karena saya akui saat itu saya kebanyakan buat konsep RPG tetapi saat mengembangkan jadi setengah hati, Padahal saya sudah membeli RPG maker VX ace, dan RPG maker XP di steam. Well, untungnya sebagai teman yang baik, dia juga memberi saran, " Sudah jangan kebanyakan bikin konsep yang ribet tapi ga kegarap. Mending fokus buat satu, dan yang sederhana dulu!" That's it. Saya seperti kena headshot di Counter Strike. Saya mengevaluasi konsep RPG saya dan ternyata memang benar, Konsep yang sudah saya kembangkan terlalu ribet, dan butuh banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat konsep RPG baru yang lebih sederhana, tapi yang penting bisa kelar.
Keep it simple but open for Improvement
Saat membuat konsep RPG, saya selalu memulai dengan story drafting. Saat mendengar cerita RPG sederhana, maka yang saat itu saya pikirkan adalah konsep game klasik. Yaitu seorang pahlawan yang menyelamatkan seorang putri yang diculik oleh musuh besar. Konsep ini lah yang sering sekali dipakai di game-game bahkan yang sudah melegenda macam Super Mario Bros, dan Legend of Zelda.
Dengan basic cerita seperti itu, saya mulai membuat Story drafting, dan mulai menulis skenario di word. Di satu titik, saya berpikir, kalau saya perlu mengembangkan cerita ini. Ada alasan kenapa saya mengembangkan cerita, yaitu masalah sosio-politik di negara tercinta ini, dan yang kedua adalah faktor umur yang membuat saya perlu "mendewasakan" cerita game ini. Hal ini membuat saya membuat 2 jenis skenario yaitu versi Light yang lebih happy dan versi Dark yang lebih kelam.
Versi dark yang akhirnya saya kembangkan dengan resiko membuat rating game ini menjadi Remaja+
Sedikit cuplikan cerita |
RPG maker, The engine that easy to use?
Well, Entah kenapa banyak teman-teman Game Developer yang membenci Game Engine ini. Ada yang bilang karena terlalu gampang untuk digunakan, tetapi mahal, dan cukup berat.
Menurut saya pribadi, RPG maker memang relatif mudah untuk digunakan bahkan sangat memanjakan penggunanya dengan memberi asset grafik, music, Character Generator, dan yang terpenting kebebasan untuk memakai script mandiri atau tidak .
Jika RPG maker ibaratkan sebagai dapur, maka dia sudah menyediakan bumbu, alat masak, kompor, , bahan makanan dll. Tentu saja kita sebagai koki diberi kebebasan untuk menambah atau tidak bahan tambahan. Tetapi apakah itu jaminan masakan yang akan dibuat bakal lezat???
Tentu tidak. Membuat game yang menarik, dan bagus tidak tergantung sekomplek atau sesederhana apa Engine yang saya pakai tetapi dari bagaimana saya bisa mengolah bahan-bahan tersebut menjadi "masakan" yang disukai banyak orang.
RPG maker sangat saya rekomendasikan sebagai Engine untuk pelatihan, atau untuk orang yang ingin belajar membuat game dan sebagai pengenalan konsep membuat game yang sederhana.
Be Independent and Lone Ranger
Serba sendiri dan mandiri, itu kata yang tepat untuk mewakili apa yang saya lakukan saat membuat game ini. Hampir semua saya lakukan sendiri mulai dari Concept, Story Writing, Character Graphic Design, Mapping Design, Music , Balancing, Scripting, dan Eventing
Concept adalah adalah konsep dasar game seperti Tema yang saya ambil, Keadaan sosio-politik dunia RPG yang saya rancang, Aliran cerita, penentuan karakter, dan konflik. Pada bagian ini saya memakai konsep project RPG yang belum terselesaikan sebelumnya. Jadi rencananya saya akan merancang game dimana tiap game memiliki konsep dunia yang sama dan memiliki kaitan satu sama lain seperti Franchise Trail milik Falcom.
Story Writing adalah bagian saat saya menulis cerita game ini dengan menggunakan applikasi Word. Bagian ini saya selesaikan lebih dahulu karena akan sangat berpengaruh terhadap bagian-bagian setelahnya. Setiap perubahan pada bagian ini sedikit banyak akan merubah bagian lain seperti Map, music, graphic dll
Character graphic Design, Mapping Design, Music design saya menggunakan apa yang sudah di sediakan RPG maker.
Character graphic Design saya banyak menggunakan Character Generator RPG maker MV, dan saya juga memakai asset dari web RPGmakerweb.com
Mapping Design dan Music Design memakai tileset dan music yang disediakan oleh Engine. Nah bagian ini lah yang memerlukan penyelesaian dari sisi cerita lebih dahulu.
Salah satu Map |
Bagian Balancing adalah saat dimana saya menentukan musuh apa saja yang muncul serta seberapa kuat mereka. Saya juga harus menentukan Item, Armor, dan senjata serta efeknya bagi permainan. Bagian ini cukup sulit karena saya harus memperkirakan apakah nantinya permainan tetap seimbang hingga akhir atau tidak. Untungnya ada orang yang berbaik hati menshare engine untuk menghitung stats karakter musuh, yaitu di situs http://yanfly.moe/
Scripting adalah bagian dimana saya memasukan Script yang berisi code kedalam File game. Saya jujur tidak menulis script itu sendiri. Saya menngunduh dari http://yanfly.moe/ yang mau repot-repot membuat script yang keren-keren dan membaginya secara gratis. Bagian ini memerlukan setidaknya pengetahuan dasar Programming, atau setidaknya bisa mengerti dengan Note yang diberikan oleh sang perancang.
Percayalah, Orang ini perlu dihormati |
Untuk bagian Scripting sebenarnya bisa saja dilewati jika tidak yakin dengan kemampuan Programming anda karena RPG maker MV juga menyediakan Script-Script standart
Bagian Eventing adalah bagian utama dimana semua bahan yang sudah saya susun mulai saya olah dengan menggunakan Engine. Mulai dari implementasi Cerita, laku gerak karakter, akses jalan, peletakan lokasi musuh, Membuat cutscene, peletakan peti harta, dan lain-lain
Semua tahapan itu berhasil saya lakukan selama 1 tahun dan 4 bulan. Setidaknya ini menyadarkan saya supaya lain kali mending join sama orang lain yang 1 visi
What I need next?
Meski pun saya sudah menyelesaikan game ini tetapi masih ada bagian yang belum saya lakukan, yaitu 3RD PARTY TESTING, BUG FIXING, dan ENGLISH TRANSLATION
3RD PARTY TESTING adalah bagian dimana ada sukarelawan yang bersedia menyediakan waktunya mengetest game saya. Saya hanya meminta waktu untuk mengecek kata-kata, game Balancing, Music implementation, Graphic issues dan segala saran soal game saya dan memasukannya sebagai bug. About Payment? Yes, We can discuss about it.
Saya jamin tidak ada Crash issues karena kesalahan rancangan. Biasanya Error terjadi karena Build tersebut perlu settingan khusus. karena saya sudah mengetes sebagian, dan perlu respon dari pihak ketiga
BUG FIXING adalah bagian dimana saya akan memperbaiki bugs yang masuk dari 3RD Party. Waktu yang saya perlukan tergantung seberapa hancur game saya ini.
ENGLISH TRANSLATION karena saya masih menggunakan bahasa Indonesia dalam game ini dan tbeberapa teman saya menyarankan untuk membuat versi bahasa Inggris. Waktu yang saya perlukan untuk ini juga cukup lama.
Untuk sementara ini dulu yang saya bagi.
0 komentar:
Posting Komentar
Please do not spam and respect each other
Tolong jangan spam, dan saling menghormati