• image01

    Game

    Review

  • image02

    Game

    Making

  • image03

    Personal

    Opinion

  • image04

    Retro

    Gaming

  • image05

    Movie

    Talk

  • image06

    Wayang

    Stories

  • image07

    Pop

    Culture

30 Januari 2020

[CHILDHOOD GAMING] CONTRA FORCE: Contra dengan tema realistis

Contra identik dengan sebuah game Shoot'em up melawan invasi Alien dengan teknologi canggih dan monster. Akan tetapi, bagaimana jika ada Contra yang memiliki tema berbeda, yaitu aksi terorisme oleh organisasi kejahatan, tanpa ada alien muncul barang seekor pun? Yup itu lah Contra Force

Cerita standart yang disampaikan dengan buruk
Burns, pemimpin pasukan khusus Contra Force menemui Fox, seorang agen intel di Pelabuhan. Dia hanya mendapati mayat Fox, dan kenyataan bahwa sekumpulan teroris sedang mengancam Neo City.

Seperti layaknya game Shoot'em up, cerita memang hanya pemanis untuk memberi tahu tema yang akan dibawakan game ini. Penyampaian cerita dalam game ini sebenarnya sangat buruk karena berupa percakapan tetapi, kita tidak tahu jelas siapa saja karakter yang bicara karena hanya ada gambar statis karakter dan musuh tetapi tidak ditulis nama karakternya.

Setidaknya secara singkat kita tahu bahwa game ini tentang aksi terorisme seperti pembunuhan, penyanderaan, dan rencana pengeboman. Setting game pun di peradaban modern, dengan teknologi masa kini. Tidak ada alien, robot, monster satu pun. Bahkan boss tiap level pun berupa manusia, atau pesawat, meski pun dengan ukuran badan yang lebih besar.

Pemilihan karakter dengan kemampuan unik.
Dalam Contra force, kita akan memilih salah satu dari 4 karakter. Keempat karakter itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda, misal Burns spesialis senapan serbu, Smith si Sniper, Iron spesialis peralatan berat, dan Beans spesialis bahan peledak.

Untuk mengaktifkan kemampuan khusus tiap karakter, kita perlu mencari beberapa tas yang tersebar di area level, lalu tekan select. Sistem ini sama seperti pada game Gradius atau Life Force.
Kerennya, kita bisa berganti karakter sewaktu-waktu di dalam game. Sangat berguna kalau sedang sekarat.


Area bermain yang sedikit nan menantang
Contra Force hanya memiliki 5 Level untuk diselesaikan. Cukup sedikit untuk ukuran game Contra. Level ganjil (1, 3, 5) berupa side view, sedangkan Level Genap (2, dan 4) menggunakan Top view Kita hanya perlu membawa karakter utama dari titik start hingga melawan Boss untuk berganti Level.


Berani menebeng nama Contra berarti seharusnya game ini memberikan tantangan yang tinggi. Terbukti setiap level dalam game ini memang dirancang dengan tingkat kesulitan yang cukup merepotkan yang memerlukan perhitungan, dan timing yang pas. Sudah begitu , setiap karakter hanya memiliki 3 cadangan Life. Mau tahu yang lebih buruk? Game ini terasa lamban dalam beberapa tempat, dan sering terjadi Flicker di beberapa object.

Bicara soal boss, kita diminta menembaki. mereka bertubi-tubi hingga kalah. Tentu saja kita perlu membaca pola serangan tiap boss. Lucunya ukuran boss terlalu besar membuat mereka gampang kita serang tetapi, sisi buruknya, kita susah menghindari mereka 

Level mana yang paling epic? Secara pribadi saya memilih level 4, terutama saat harus menyeberang antar pesawat
Nyebrang antar pesawat cuy

Childhood Memories
Dibandingkan seri Contra lain di NES, Contra Force memang seri yang tidak populer saat saya kecil.  Berbeda dengan Contra Original yang sudah menjadi salah satu game NES yang hampir pasti dimainkan karena gampang ditemukan, bahkan sering menjadi paket dalam catridge NES Bajakan. 
Super C pun juga cukup populer karena masih setia dengan konsep Contra Original yaitu duo Rambo menyerang markas alien, dengan improvement grafis dan level design yang lebih baik.
Contra Force mungkin tidak populer karena dia berbeda secara konsep dengan Contra Original, dan Super C. Dengan kesulitan yang tinggi, game ini juga tidak menyediakan cheat Life yang membuat kita mampu menyelesaikan game ini. Berbeda dengan Contra Original yang memiliki Cheat 30 Life, yang populer itu.

Apa pun itu, game ini sempat saya mainkan saat kecil bersama keluarga karena mengira game ini Contra terbaru karena memiliki karakter seperti Contra Original. Baru beberapa tahun kemudian, saya sadar yang saya mainkan saat kecil itu adalah hasil Hack dengan merubah sprite karakter game ini menjadi seperti Contra Original. Mungkin upaya buat mendongkrak penjualan game ini

0 komentar:

Posting Komentar

Please do not spam and respect each other
Tolong jangan spam, dan saling menghormati

Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang pekerja swasta di Bidang Teknologi Informasi terutama Game Industry. Saya menggunakan Blog sebagai penyaluran minat saya. Sekedar informasi, Foto Profil itu foto saat SMA medio 2005 an

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.