• image01

    Game

    Review

  • image02

    Game

    Making

  • image03

    Personal

    Opinion

  • image04

    Retro

    Gaming

  • image05

    Movie

    Talk

  • image06

    Wayang

    Stories

  • image07

    Pop

    Culture

17 Januari 2020

[CHILDHOOD GAMING] TOP 5 Disney Side Scrolling Game in NES

Artikel Childhood Gaming ini akan berfokus mengulas game-game lama yang pernah saya mainkan dulu waktu kecil, atau pun game lama yang baru sempat saya mainkan sekarang.

Disney! Siapa anak kecil yang tidak mengenal perusahaan di bidang hiburan khusus keluarga. Sejak kecil saya sudah mengenal Disney lewat film kartun di TV atau pun buku komik, termasuk juga  game di jaman NES dulu.

Game-game Side Scrolling Disney yang saya mainkan  saat kecil di NES  secara umum memiliki grafis yang sangat bagus untuk ukuran game NES, tanpa melupakan gameplay yang berbeda dan unik tiap gamenya. Berikut adalah 5 game Side Scrolling  Disney yang  sempat mengisi hari-hari saat saya kecil

Top 5: Jungle Book
Jungle book akan berfokus pada petualangan Mowgli di dalam hutan demi menyelamatkan diri dari kejaran Harimau Share Khan. 
Jungle Book mungkin game side scrolling Disney yang cukup menyebalkan untuk dimainkan karena meminta kita untuk mengekplorasi setiap tempat untuk mencari gem dalam waktu yang terbatas. Hal ini diperparah dengan kontrol Mowgli yang agak lamban, dan kurang luwes. Jujur saya belum menamatkan game ini. Pol mentok level 3  karena seringnya kehabisan waktu dalam mengumpulkan gem.


Top 4: Little Mermaid
 Little Mermaid adalah game side scrolling klasik yang meminta kita pergi dari titik start hingga melawan  boss. Kita akan mengendalikan Ariel yang diminta menjelajahi lautan yang diteror Ursula dan antek-anteknya. Ariel mampu mengurung musuhnya dalam gelembung yang dibuat dengan kebasan ekor ikannya, dan menjadikan gelembung itu sebagai senjata.
Meski pun dari segi cerita sangat klasik, saya menyukai konsep gameplay yang menarik dengan settings di dalam lautan. Grafik game ini pun terhitung terbaik untuk ukuran game NES. Game ini juga cocok dimainkan siapa saja karena termasuk game disney yang simple, tetapi tetap berkesan



Top 3: Duck Tales 2
Game tentang petualangan paman Gober dan keluarga bebek mencari harta karun ini juga side scrolling Classic. Bedanya kita bisa memilih area untuk ditaklukan terlebih dahulu.
 Kita akan mengendalikan Paman Gober (Uncle Scrooge) dengan menggunakan tongkatnya sebagai senjata utama dan alat berinteraksi dengan objek dalam game.
Area permainan dirancang cukup menantang  dengan banyak rahasia. Di tengah-tengah permainan ada  opsi kita bisa berganti area saat bertemu Launchpad. Sangat berguna kalau-kalau kita minder menghadapi tantangan yang menghadang di depan


Top 2: Chip and Dale 2
Petualangan Duo Tupai Detektif,  Chip dan Dale memburu Fat Cat yang kabur dari penjara ini memiliki plot cerita yang terbaik dalam daftar ini. Kita bisa main sebagai single player dengan memilih salah satu dari duo tupai itu atau multiplayer bersama teman. Tantangan yang diberikan tiap area cukup baik dan berrvariasi.

Tidak seperti Game lain di daftar ini, Chip dan Dale tidak memiliki kemampuan khusus untuk mengalahkan musuh. Mereka akan mengambil object di sekitar seperti kotak kayu, dan melemparkannya kepada musuh. Tentu saja jumlah object yang bisa digunakan terbatas sehingga perlu perhatian, dan kewaspadaan  dalam menggunakannya.


Top 1: Darkwing Duck
Di antara semuanya, saya memilih Darkwing Duck sebagai yang terbaik. Sekilas seperti Side Scrolling shooting macam Contra dimana kita diminta membuang-buang peluru untuk mengalahkan musuh..
Semakin kita memainkannya, game ini bisa dikatakan memberikan kita tantangan yang komplit mulai dari jenis musuh yang bervariasi, Area penuh jebakan yang menantang, dan boss yang memiliki ciri khas tertentu.
Memerlukan gerak reflek, dan analisa yang cepat dan tepat dalam mengatasi setiap tantangan  yang menghadang.



Sebenarnya tidak hanya 5 itu saja game Side Scrolling Disney yang pernah saya mainkan saat kecil. Jujur saya saya melewatkan Chip n Dale dan Duck Tales. Bukan karena keduanya buruk, malah jauh lebih baik daripada Jungle Book  tetapi saya rasa keduanya cukup diwakilkan oleh sekuelnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Please do not spam and respect each other
Tolong jangan spam, dan saling menghormati

Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang pekerja swasta di Bidang Teknologi Informasi terutama Game Industry. Saya menggunakan Blog sebagai penyaluran minat saya. Sekedar informasi, Foto Profil itu foto saat SMA medio 2005 an

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.